HomeОбразованиеRelated VideosMore From: dot Pande

Penyebab Bayi Letak Sungsang dan Cara Mengubah Posisi Bayi Sungsang Menjadi Normal #1/dotpande

823 ratings | 141273 views
Penyebab Bayi Letak Sungsang dan Cara Mengubah Posisi Bayi Sungsang Menjadi Normal #1/dotpande/dokterkandungan Halo sahabat sehat, kali ini saya akan menjawab pertanyaan yg masuk ke DM Ig saya... kalo dipikir - pikir saya kok susah ya buat video yang singkat..:(.. sebenarnya tidak susah..saya bisa saja menyebutkan tanpa harus menjelaskan apapun itu akan lebih singkat.. namun kayaknya tidak sesuai kata hati...#kokjadicurcol saya ingin membuat video yang bisa memberikan pemahaman bagi penontonnya... walaaau....saya tahu itu akan membosankan...hahahahaha.. doakan kedepannya sy bisa buat video yang lebih straight to the point... hehehe... #sungsangseries oke..video ini dibagi menjadi 2 episode...Penyebab bayi letak sungsang dan cara mengubah posisi bayi sungsang #1/dotpande/dokterkandungan episode lanjutannya : Cara Mengubah Posisi Bayi Sungsang Menjadi Kepala/Dot Pande/Dokter Kandungan https://youtu.be/joRecpz9nyM oya..satu lagi penyebab kelainan letak yang belum saya sebutkan yaitu plasenta previa atau posisi ari - ari berada dibawah.. Dan tambahan untuk anencephaly yaitu bukan hanya sebagian besar tanpa tengkorak, namun juga sebagian besar tanpa otak dan scalp.. maaf atas kurang2nya ya..^^ jangan lupa di like dan share jika dirasa bermanfaat..dan di subscribe agar lanjutan videonya bisa langsung muncul di notifikasi..hehehe...^^ beberapa pertanyaan isi video episode #1 ini (jika sahabat sehat ingin langsung skip ke materi yang di inginkan): 01:13 = Apa itu letak sungsang dan jenis - jenisnya ? 01:37 = Angka kejadian letak sungsang ? 01:59 = Kenapa jarang letak sungsang pada trimester akhir ? 03:05 = Apa penyebab letak sungsang ? silahkan diLiat tips sehat lainnya : - Tips Lengkap Cara Menjaga Kesehatan miss V Anda, Cara Mencegah Keputihan https://youtu.be/j-r_m0TI4iQ - Bahaya Kehamilan Melewati Tafsiran Persalinan/cara mencegah hamil lewat waktu https://youtu.be/LBkdtiD__0o - Cara Mudah Mencegah Kehamilan Melewati Tafsiran Persalinan/lewat waktu https://youtu.be/CT8JFoId-a8 - Cara Menghitung Masa Subur dan Waktu Yang Tepat Berhubungan Intim Agar Cepat Hamil https://www.youtube.com/watch?v=phMDrxHEUoA&feature=youtu.be terima kasih buat sahabat sehat yang sudah singgah ke channel ini, saya sadar masih banyak kekurangan.. mulai dari grogi sampai editing yang masih pas - pasan..^^ namun semoga niat saya untuk share bisa bermanfaat buat sahabat sehat semua.. link sosmed : Instagram : https://www.instagram.com/dewipande84 twitter : https://mobile.twitter.com/DokterPande FB : https://m.facebook.com/dewi.pande.7 blog : https://infodokter.net sharing is caring.. salam sehat... teruslah berpikiran positif dan jangan lupa bahagia.. video : dewi pande edit : dewi pande backsound NCS : Jazzaddict's Intro by Cosimo Fogg (201) https://soundcloud.com/cosimo-fogg Creative Commons — Attribution 3.0 Unported— CC BY 3.0 http://creativecommons.org/licenses/b... Music promoted by Audio Library https://youtu.be/hY4yspCQRaM
Html code for embedding videos on your blog
Text Comments (187)
dot Pande (2 months ago)
Apa ada sahabat yang pernah hamil dengan letak sungsang...kalo ada, kira2 apa yg menyebabkan kehamilan sungsang kalian..
Dexcilia Angel (12 days ago)
+ALan Rosa iya itu membuat bingung mba , kirakira punggungkah , pantatkah , atau apa gitu yak mba ?
ALan Rosa (13 days ago)
+Dexcilia Angel says hamil 27 minggu sama saya jg begitu mba,trkadang gede mentolos,
yuyun handayani (14 days ago)
Hallo dok sya ada miom apakah bayi sya bisa berputar kepala ada di bawah?
Dexcilia Angel (21 days ago)
Dok , kalau di bagian atas ada yang menonjol itu antara kepala bayi atau pantatnya sih dok ? Saya lagi hamil 36minggu dok .
Nurul Hikmah (25 days ago)
+dot Pande ass. Dok saya mau tanya kehmilan saya baru 12 mnggu. Tp ank pertama saya posisi x lintang dan harus oprasi. anak yg kedua ini di usg posisi nya miring tp ga sungsang apa msh bisa mlhir kan normal dok.
Aura Danisa (6 hours ago)
@dot pande Mau nanya sya hamil 30w usg katax bayi x sungsangdan kaki x sdh masuk jlan lahir Itu gimana ya dok cara mengembalikan posisi x lagi memang kadang rasa nyeri dibagian missv
paola gwennazareth (4 days ago)
trus tipsnya apa dok?biar gak sungsang?
dot Pande (4 days ago)
Halo...ada di video lanjutannya bu..link ada di deskripsi
jenal Dewi (6 days ago)
dok kalo hamil muda trus darahnya tinggi gimana dok...
WIWIN SUBSCRIBER (7 days ago)
Assalamualaikum dok, sya hamil usia 23m5hari saya melakukan Usg tapi kata dokter sungsang masih bisa kah normal letak nya? Terimakasih
WIWIN SUBSCRIBER (5 days ago)
+Sopia Jua arianti Oh gitu alhamdulillah klo gitu
Sopia Jua arianti (5 days ago)
Saya juga sungsang,tapi kata dokter masih bisa berputar
Novi Handayani (8 days ago)
dok, gimana caranya ya hiar gemuk saya udh makan banyak tapi tetep aja ga gemuk2
Andien Keranda (13 days ago)
Dok ,cara mengatasi bayi sungsang usia kehamilan 37 minggu gmna suppaya kembali normal lgi
dot Pande (10 days ago)
Halo..cara mengatasinya sudah dijelaskan bu di video selanjutnya..😀
Nurdin hakim Hakim (15 days ago)
Dok..istri sy hamil 7 bulan..namun plasenta terlalu menurun..udh sujud tiap bangun tidur selama sebulanan tapi ketika usg tetap plasenta tdk mau naik... Adakah cara lain agar plasentanya letaknya normal dok?? Trims
Nurdin hakim Hakim (9 days ago)
Iya dok..sy tdk pernah berhub mulai usia kand 4 bulan..sy kasian istri sy dan bayi sy..jadi sy tahan sampai istri melahirkan..trims bnyk dok..sukses slalu
dot Pande (10 days ago)
Halo...sebelumnya harus di luruskan pak..kalo posisi ari2 tidak bisa berputar beda dengan posisi bayi..ari2 akan bermigrasi (seolah2 berpindah,bukan bergerak) sebenarnya karena mengikuti rahim yg membesar...namun menutup atau tidaknya ari2 ke jalan lahir, tergantung dr seberapa luas ari2nya menutupi..untuk sementara tidak dianjurkan berhubungan intim sampai dipastikan posisi ari2 tidak menutupi jalan lahir, karena berisiko terjadi perdarahan...
liya dimas (16 days ago)
Dok..uk saya waktu USG 33 minggu letaknya sungsang..ini kehamilan yg kedua..babynya sgt aktif disebelah kanan pusar..itu kira2 kepala ato bokong ya dok? Kadang di miss v terasa nyeri kaya ada dorongan ..itu knp ya dok?..terima kasih..
dot Pande (10 days ago)
Halo..sebelumnya di pastikan dulu bu posisi bayinya apa..kalo sungsang biasanya bagian yg aktif gerakannya adalah bagian bawah..namun hal ini tidak selalu terjadi krn letak sungsang juga ada beberapa tipe..kalo yg ibu rasa gerak di kanan dekat pusar bisa jadi posisi kaki atau lututnya disana..krn kanan atau kiri itu adalah daerah punggung pd satu sisi dan bagian kecil pada sisi lainnya...intinya gerakan bayi tidak bisa dijadikan patokan pasti letak janin didalam rahim..gold standarnya tetap dgn usg bu 😊
Rizki Afrianti (17 days ago)
Dokter ... Saya hamil 31 minggu kata bidan nya itu bayi saya kecil dok bb nya masih kurang dri 2kg n kepala bayi nya masih di atas padahal bayi nya itu aktif bergerak .. Nah desember itu hpl saya dok .. Gmna cara nya itu untuk berat bayi nya bisa diatas 2,5 kg dok ..
Dyan Mail (16 days ago)
Makan ice cream hehe
Dexcilia Angel (21 days ago)
Dok , saya hamil 36minggu tapi saya masih bingung apakah kepalanya sudah turun ke panggul atau belum . Tapi di bagian atas sering menonjol antara pantat atau kepala dok ..
dot Pande (19 days ago)
Coba biar di periksa bidan atau di usg biar yakin bu
R. Khansa (23 days ago)
Klo emag letak sungsang jrang, knapa jman skarag bnyak skali prsalinan sesar dok?? Lalu apkah letak sungsang itu tgantung dri khamilan sbelumnya (jika anak ptama sungsang mka khamilan brikutnya otomatis akan sungsang)
dot Pande (23 days ago)
Angka kejadian sungsang tidak berhubungan dgn angka persalinan Sesar...karena indikasi operasi Sesar sangat banyak tidak hanya sungsang...banyak persalinan sesar tahunya darimana ya bu..apa ibu punya data kejadian sesar di indonesia atau tiap RS ?..banyak kok persalinan normal di fasilitas pelayanan primer..krn sekarang sistem BPJS.. sistem pelayananx berjenjang..jd semua yg normal2 akan lahir di puskesmas atau RSUD tipe D..jadi kalo udah sampe ke RSU tipe C keatas, biasanya adalah kasus rujukan dimana kehamilannya berkomplikasi sehingga perlu di sesar...sehingga seolah2 banyak kasus di RS yg di operasi..padahal kenyataannya krn mereka rujukan dgn komplikasi...kalo kita balik ke sistem jampersal zaman sebelum bpjs ada..itu semua RS bisa melakukan persalinan tanpa jenjang..saya masih ingat dlm sehari di RSUP tipe A nih, sy bisa bantu persalinan normal sampe 20, sedangkan Sesar tidak sampai 3..artinya yg normal masih banyak..untuk sungsang pd kehamilan sebelumnya..tidak otomatis sungsang kehamilan saat ini..
MAJALAH DEWASA (25 days ago)
Bayi saya juga sungsang dan tali pusat berada di leher. Cemas jadinya. Bahaya kah itu dok?
Aura Danisa (6 hours ago)
dot Pande saya mau tanya kata x saya hamil 30 w sunsang dan kaki sdh masuk ke jaln lahir Itu apa bisa masih muter bayi jd takut ni dok gimna cara x mengeluarkan kaki bayi supaya bisa keposisi yng benar
MAJALAH DEWASA (23 days ago)
Makasih dok info nya 😊
dot Pande (23 days ago)
Halo..belitan tali pusat memang salah satu penyebab kehamilan sungsang..bahaya atau tidak tergantung : panjang tali pusat, jumlah air ketuban, besar janin, umur kehamilan, keaktifan gerak janin..jangan dulu cemas..sebaiknya diskusi lebih dalam dgn dokter kandungannya..
Evy Yana (25 days ago)
Dok kemarin, pas umur ran hamil 2 bulanan gitu saya terjadi kecelakaan sepeda motor, dan kemarin itu jatuhnya itu miring TPI terseret sebelah kanan jdi saya biarin aja dan sekarang dibawah pinggang saya (pinggul dan pantatnya) sebelah kiri itu sering sakit dok kalau bangun dari tempat tidur atau tidur/duduk dilantai dok itu kira" bahaya nggak ya dok saya jdi takut dok Semoga dibalas, makasih..
Evy Yana (25 days ago)
Dot pande tgl brpa nya sih gatau dok TPI hamilnya pas umur mau 3 bulanan gitu ini sekarang udh mau 7 tujuh dok, kemarin udh dikusuk kan pantatnya karena makin sakit kalau bangun TPI ini gatau gimana keadaan nya, yg saya takut kan saya gak bisa melahirkan normal aja 😥
Evy Yana (25 days ago)
Sofia jua Arianti gadak keluar darah sihh, kemarin jatuhnya gadak sakit apa" sih kak TPI yang anehnya jatuhnya terseret sebelah kanan tapi yg sakit pantat yg sebelah kiri
dot Pande (25 days ago)
Halo..kalo boleh tahu kejadianya tgl brp..dan skrng umur kehamilan brp..trus jatuhnya yg diseret bagian kanan, tapi yg sakit bagian kiri ?..pertama sebaiknya ibu kontrol agar di USG kehamilannya dan ibu juga di cek panggulnya..jgn sampai ada masalah..bahaya atau tidak sesuai hasil pemeriksaan bu
Sofia Jua Arianty (25 days ago)
Evy Yana bun udh usg blm buat liatt keadaan bayinya semoga tdk apa2 ya,,,pas jatuh ada keluar flek/darah tidak? Mungkin yg sakit itu karena cedera bun
loren oktaviani (26 days ago)
Dok,kalau nyeri di selangkangan di sekitar Miss v pada usia kandungan 29w wajar gak? Udh 2 mingguan juga dok ngerasain kayak gini..buat tidur ke kiri ke kanan aja kadang suka nyeri...mohon pencerahannya ya dok.. terimakasih
meisya aullia (27 days ago)
Dok, kandungan saya 24minggu5hari posisi bayi letaknya sungsang, apakah masih bisa berubah posisi bayi?
ALan Rosa (13 days ago)
+dot Pande dok,mau tanya umur kehamilan saya udah 7 bulan trs perut yg sebelah kanan sring keceng trs menonjol miss v saya jg trkadang sakit,apakah janin ku itu sehat dok makasih
meisya aullia (25 days ago)
dot Pande oke makasih dok.. saya ngerasa takut bidan yg biasa saya periksa katanya blm pasti balik posisi..
dot Pande (26 days ago)
Masih bisa bu..
An_Dhiiny Thea (27 days ago)
Maaf dok. Sya hamil 8bln. Tp knpa ya sya masih ngerasa pusing juga lemas ? Tolong d jwb.. Trimakasih
dot Pande (26 days ago)
Halo..coba di cek darahnya bu..apa ada anemia, kolestrol, gula.dll..atau kelainan medis lain..
zihan bemo (30 days ago)
ea dok q jg sama posisinya.bayi letakx di atas kepalanya tapi...???masalahx ari"nya di bawah makanya dia susah untuk berbalik kmaren q jg hbs USG ngatasinya gmn dok
zainab curup161 (11 days ago)
sama kasus nya kayak aku,,bulan kehamilan nya pun sama,, semoga kita di mudahkan unk melahirkan nanti ya amiin
dot Pande (26 days ago)
Halo..tidak ada cara untuk mengubah posisi ari2..ari2 akan bermigrasi mengikuti usia kehamilan..jika sampai cukup bulan masih dibawah artinya tidak bisa lahir normal..ditunggu aja bu..selama posisi ari2 masih dibawah, tidak disarankan untuk berhubungan intim dulu..
zihan bemo (28 days ago)
aq baru x ini ja usg udah 8 bln ke atas..dok dari kecil blm pernah di cek makax itu tiap kontrol..kepala bayi sll di atas tapi klo bayi sehat"ja dok hamdulilah cuma itu doank masalahx...
zihan bemo (28 days ago)
gmn dok untuk ngatasix aq ingin normal lahiran nya dok
dot Pande (28 days ago)
Halo..kalo posisi ari2 menutupi jalan lahir..maka tidak perlu melakukan hal2 untuk mengubah posisi..krn jika posisi ari2 dibawah otomatis ibu tidak bisa melahirkan normal..namun di lihat juga kapan di deteksi ari2 menutupi itu..jika saat kehamilan prematur, maka masih ada kemungkinan ari2 berubah posisi..namun jika di deteksi saat cukup bulan, maka sangat kecil ari2 berubah posisi
zihan bemo (30 days ago)
ea dok q jg sama posisinya.bayi letakx di atas kepalanya tapi...???masalahx ari"nya di bawah makanya dia susah untuk berbalik kmaren q jg hbs USG ngatasinya gmn dok
Sofia Jua Arianty (25 days ago)
Usia kehamilan nya brp week bun?
Mei Saroh (30 days ago)
Dokter ini khmln pertma sy.skrg usia khmln 24 minggu.brat badan sy naik 9kg.bayi bratnya stengh kg.dia jg aktf nendng2 dan brbh2 posisi.perut sy pun gk trllu bsar bgt.mlh pda nyngka bru 4 bulan.stlh di usg smua bgus hsilnya.kira2 wajar tdk dok sperti itu?trmksh
Mei Saroh (26 days ago)
Oke dokter.trmksh
dot Pande (28 days ago)
Yg tidak wajar adalah kenaikan berat badannya yg agak banyak pd kehamilan 24 mgg ya..sebenar kenaikan BB tergantung dr nilai dasar BMI saat sebelum hamil..nanti ada patokan brp kenaikan BB yg dianjurkan berdasarkan BMI awal..untuk masalah berat janin yg setengah kilo, harus disesuaikan dgn umur kehamilannya..menurut sy masih wajar berat segitu..
atiqah salamah (1 month ago)
Dok sudah 2 bulan ini saya hamil jantung saya der2an terus.. saya takut tp sy udh di EKG jantung saya normal. Kmrn sy cek USG posisi anak saya sungsang. Apa ada pengaruh dengan posisi sungsang itu dengan jantung sy yg yg der2an?? Usia kehamilan sy 26 minggu
atiqah salamah (28 days ago)
dot Pande oh seperti itu yah dok. Awal2 saya periksa hasil lab mengatakan Anemia ,, tp sy udh makan makanan yg untuk Anemia smp skrg blm sembuh2 juga kdg2 diwaktu tertentu jantung.a masih suka der2an hebat smp sy keringet dingin gobyos sekujur tubuh. Selama hampir 2 bulan ini sya bolak balik kerumah sakit berbeda hasil.a tetap sama dok "NORMAL". Sy khawatir bagaimana melahirkan nanti jika terus bgni.
dot Pande (28 days ago)
Halo bu..harus diperiksa lebih lanjut ya..apa der2 nya memang di ikuti dgn gangguan irama atau rate atau tidak..tidak selamanya slalu jantung..tp memang harus di singkirkan masalah ini dulu..jika masih tidak nyaman, coba kembali ke dokter kandunganx agar di telusuri lebih lanjut..apakah ada masalah metabolik atau hormonal atau psikis atau kelainan darah atau tensi...
Ghozie Sarah (1 month ago)
dok sy masuk...8 ko bayi sy mau ny posisi ny di atas aja..trs dia sungsang...Sy pgn melahirkan normal dok..gmn cr ny agar bayi ada di posisi bawah
dot Pande (1 month ago)
Halo..bisa di coba tips di video selanjutnya bu
wasiah hasan (1 month ago)
Masa trimester ke 3 atau terahir itu di mulai sejak kandungan berumur brp bulan dok ?
Ahmad Mukti (1 month ago)
+dot Pande maf dok aku selalu tidur di samping kiri karena nyaman bagi bayi rasanya..dan bayi saya keras by ke ayo berisinya di kiri terus apakah bahaya pada ibu Ama janin
dot Pande (1 month ago)
Halo.T3 dimulai sejak uk 28 minggu bu
Next Vie (1 month ago)
dot Pande mau tanya nich dok , perkiraan bayi sudah mulai berputar sekitar umur berapa __ weeks ???
Next Vie (1 month ago)
Dan jika 35weeks apakah masih bisa berputar
dot Pande (1 month ago)
Halo..tidak ada perkiraan waktu bu..
Anita Hermanto (1 month ago)
halo dokter? sy hamil 30mggu, kira2 sy bs posisi sujud umur brp ya..? krn wkt 28 mggu posisi bayi sy sungsang dan terlilit tali pusar 1 😂
dot Pande (1 month ago)
Halo..silahkan di tonton dulu link video diatas pak..masalah tali pusat terlilit, kalo bahaya atau tidak, tidak bisa sy pastikan pak..bahkan pada kehamilan paling normal sekalipun kadang bisa terjadi hal2 yg diluar dugaan..pd umur kehamilan prematur, lilitan tali pusat sering terjadi krn bayi masih bisa berubah2 posisi..bahaya atau tidak, tergantung panjang tali pusat, jumlah belitan, dan keaktifan gerak janin..
Jejen Jaenudin (1 month ago)
dok istri syah hamil umuran 26 minggu pas sayah usg kata dokter.bayi posisi nyua sungsang dan terlilit ari ari..trus itu berbahaya apah ga dan gimna mengatasi nyua.. dok..mksihh dok
dot Pande (1 month ago)
Halo..bisa di liat penjelasan ya di video ini https://youtu.be/joRecpz9nyM
Rizal Ferdania (1 month ago)
dok sya hmil 6bln tpi ank yh kpla yh d prut sblh kiri. kaki yh d sblh kanan.. trus prut yh jga kecil ga kyk 6bln tpi kyk 4bln... trus udh tga hari in jrang brgerak gtu biasa yh gerak trus.
Rizal Ferdania (1 month ago)
gmna cra yh biar ank sehat trus.
Rendy Oblax (1 month ago)
Dok kalo sungsang apa kah boleh di urut
dot Pande (1 month ago)
Kehamilan apapun tidak boleh diurut
Dessy Noer Indriyani (1 month ago)
bu dokter, saya mau bertanya kehamilan saya sudah menginjak 25 minggu cuman kok kata org2 perutnya masih kecil aja (gak kelihatan 6 bulannya) . terakhir usg tgl 30 agustus itu 22 minggu itu berat janin 492 gram. apa bisa dok sampai 9 bulan nanti berat janin saya mencapai normal 2,5 kg? terima kasih bu dokter
Ani Sulis (28 days ago)
Mbak sama. Aku usia 25w berat bayi 485gram tapi kata dokter masih normal Berat badan juga ga naik. Perut juga ga keliatan kalo 6 bulan
ms. o d (1 month ago)
Amin..semoga bayi kita sehat selalu ya
Dessy Noer Indriyani (1 month ago)
+ms. o d iyaa mba makasih yah atas sarannya nanti saya coba deh mba, semoga aja naik bb bayinya bisa mencapai normal l pas waktu lahiran nanti
ms. o d (1 month ago)
Banyakin makan es cream mbak.. kebetulan saya juga lg hamil waktu kmrn usg 25 mnggu berat 780 gr.. Jangan lupa juga minum vitamin hamil dan buah-buahan.
Ada Aja (1 month ago)
Dok saya skrng udh hamil 37 mnggu gmna cara bt biar prasenta nya naik ke atas krna skrng posisinya berdekatan kpla d.jln lahir.hrus bgaimna biar letak prasenta nya naik ke atas.mhn d jlskn
dot Pande (1 month ago)
Halo..plasenta naik seiring dengan besarnya kehamilan..tidak bisa dimanipulasi agar naik..
Sri Devi Rosa Ayu (1 month ago)
Dok sy mau tanya skrg usia kehamilan 28weeks perut bagian bawah pusar sy sangat sakit apalgi pda saat sy brbaring dan jalan kira2 disebabkn oleh apa yah dok? Soalnya ini sdh berhari2 sakitnya
Ria Ria (1 month ago)
kira2 idealnya pas brp week kpla bayi harus udah dibawah?
dot Pande (1 month ago)
Halo..idealnya untuk anak pertama umur kehamilan 36 minggu sudah masuk panggul..dan untuk anak kedua sterusnya, k3pala masuk panggul bisa sebelum bersalin atau saat bersalin..makasi..
Any Andayani (1 month ago)
dok saya hamil 34 minggu..waktu tgl 11 saya cek dan katanya kepala sudah d bawah..dan tgl 21 ny saya usg dan katanya sungsang..itu knpa y dok..mksh
dot Pande (1 month ago)
Artinya..kepala bayi sebelumnya belum masuk panggul dan ruang didalam rahim masih luas, sehingga bayi masih bisa berputar2..
alfarizi Larasati (1 month ago)
Dok aq hamil anak k 2 , yg pertama normal yg k 2 sungsang, knpa yah? Tpi katnya gx bisa berputar lagi soalnya gde bayi nya, tpi aq gx mau d sc, sekarang usia mau 9 bulan
dot Pande (1 month ago)
Bayi sungsang bisa dilahirkan pervaginam bu..dgn syarat tertentu..dan resiko yg lebih tinggi dr lahir kepala..
Arnis Novianti (1 month ago)
Dok, saya hamil usia 32 minggu. Kmrn waktu usg kata dokter babynya lintang dan terlilit tali pusar,kira"posisi baby bisa muter lagi atau tidak? Terimakasih
dot Pande (1 month ago)
Halo...masih bisa bu...namun memang tergantung juga dgn panjang talipusat, berapa kali jumlah lilitan, besar bayi, dan banyaknya air ketuban..silahkan dicoba dulu tips di video selanjutnya...smg berhasil..terima kasih..
Baim Movic (1 month ago)
Halo dok saya mins 9 apa.bisa lahir normal
dot Pande (1 month ago)
Halo...untuk high miopia (minus tinggi) bukan merupakan kontraindikasi absolut..sehingga disarankan untuk dievaluasi oleh dokter mata terlebih dahulu untuk kelayakan persalinan normal..makasi..😊
Resya Andriani (1 month ago)
Dok knpa y hamil yg ke 2 ini...selangkangan saya sakit...padahal waktu hamil pertama gk dok...terima kasih
loren oktaviani (26 days ago)
Sama mbakk saya juga sakit di sekitar selangkangan dekat *maaf Miss v depan...buat jalan lama2 nyeri UK 29w..mbak nya masih sakit kah? Gmn cara ngatasinnya ya.
Rais Rais (1 month ago)
Dok sya hamil 8blan. Trus sys hbis dri USG katax bayi sya sungsang .apa kha bayi sya bsa kembali normal
dot Pande (1 month ago)
Halo..bisa bu..di praktekkan saja tips di video selanjutnya..makasi
ipit fitria (1 month ago)
posisi bayi saya kepalanya sebelah kiri perut,dan pantat d kanan dok...skrng saya memsuki bulan k 9..kira" msh bisa berputar k bawah ga dok?soalnya kata dokter pas usg leher baby nya ada 2 lilitan
dot Pande (1 month ago)
Kalo memang benar, posisi melintang dgn 2 kali belitan dan umur kehamilan 9 bulan..bisa saja berputar, namun kecil kemungkinannya..
Darniati 03 (1 month ago)
dok, saya hamil 33 minggu. tapi posisi anak dalam kandungan saya melintang dok.. apa bisa balik ke bawah kepalanya ni dok?
dot Pande (1 month ago)
Bisa..prinsipnya sama dgn sungsang..silahkan di praktekan isi video sy
Anita Hermanto (1 month ago)
halo...dokter saya mau tny, klo posisi normal yg sering bergerak itu.. bagian perut atas apa bawah ya..dokter?
Anita Hermanto (1 month ago)
+dot Pande klo pny saya, bgian bawah dan samping bgian kiri, atas kdg2 klo wkt saya tidur,
dot Pande (1 month ago)
Atas bu
Ica Nirmala (1 month ago)
maav dok mo tanya sy sudah sc 2X. apa di kehamilan ke 3 sy bisa normal????
Ica Nirmala (1 month ago)
+dot Pande trimakasih dok jwbannya.
dot Pande (1 month ago)
Halo..secara prosedur akan di SC lagi bu..namun bisa normal atau tidak, ya bisa2 aja..namun dengan resiko persalinan pd bekas SC 2x akan lebih tinggi drpd SC 1x..
mas kidank (1 month ago)
Dok saya mau tanya...saya kehamilan pertama lahiran sc dan skrg lagi hamil ke2 jdi jarak lahiran nanti 3 tahun .. brp kemungkinan sy bsa lahiran normal dok? Bahayakah jika saya menunggu kontraksi jika jarak usia lahiran msh dekat dg yg pertama krn yg pertama sc..??
dot Pande (1 month ago)
Secara teori, jarak aman persalinan SC pertama dgn selanjutnya yaitu 18 bulan..jd kalo sudah 3 tahun, dianggap aman..seberapa besar kemungkinan ibu bisa lahir normal, tergantung dr apa alasan ibu di SC sebelumnya..jika indikasi SC sebelumnya berulang, maka 100% ibu akan di SC kembali, namun bila indikasi SC sebelumnya tidak berulang, maka secara kasar bisa dibilang keberhasilan bisa lahir normal saat ini yaitu 63,5 - 83,8 %..makasih..
Yuli Farida (1 month ago)
dok, obat batuk yg pling aman dan cpet sembuhnya untuk ibu hamil apa ya? sya hamil 23minggu dan sakit batuk sudah hampir seminggu blm sembuh. trimakasih
dot Pande (1 month ago)
Halo..maaf bu..sy tidak bisa publikasikan terapi ke media youtube..krn akan dibaca banyak orang dan disalah gunakan...karena penanganan selalu sesuai dgn pemeriksaan...untuk penanganan yg tepat bisa ke dokter kandungan terdekat untuk konsultasi bu..skali lagi maaf..
kendra agung (1 month ago)
dok saya pilek sdh seminggu tdk sembuh2 dan kepala saya migren sedangkan lehamilan saya baru 2 bulan.apa tdk apa2 jika saya minum obt Apa harus d uap aja biar hidung g buntu??? trimakasih dok
kendra agung (1 month ago)
trimakasih dokter...
dot Pande (1 month ago)
Halo...bisa ke dokter kandungan bu biar dikasih saran pengobatan yg tepat sesuai hasil pemeriksaannya..terima kasih..
mirayanti wijaya (1 month ago)
Sy hamil 26 minggu kata x letak x sunsang apa.msh bs berputar ya? Menghawatirkan kah? Konfisi bayi dan ibu gmn...aq anak ke 3 dan sc
dot Pande (1 month ago)
Halo..kalo boleh tahu alasan SC nya apa ya bu...dan berapa kali di SC..dan ada pesan2 gak dr dokter kandungan sebelumnya mengenai kehamilan berikut nanti gimana ? Sementara untuk kehamilan 26 minggu masih dianggap normal posisi sungsangx bu..bayinya masih bisa berputar2..coba di tonton video sy selanjutnya bu..tentang "cara mengubah posisi bayi sungsang jd kepala"..disana sudah sy jelaskan kira2 apa perlu tips itu dilakukan dalam kondisi kehamilan ibu saat ini...terima kasih 😊
Yuni Mentari (1 month ago)
Keren kakkk 😍
dot Pande (1 month ago)
Makasi dek 😊 dukung terus ya...bantu like, share, n sub ya..hehehe 😘
Ghozie Sarah (1 month ago)
Sy hamil 7 bulan...anak ny malah lg muter muter aja ni dokk
Rico Hermawan (2 months ago)
Terima kasih ya....Dokter atas sarannya 🙏🙏🙏🙏
Rico Hermawan (2 months ago)
Halo...Dokter, saya hamil 28mggu, Kmren USG bayi sayA sungsang, dan ada lilitan satu dileher, Gmna ini dokter? BS kah bayiku berubah posisinya...
dot Pande (2 months ago)
Posisi bayi pada janin prematur memang masih bisa berputar2 bu..makax secara teori posisi sujud idealnya dilakukan pd umur kehamilan 34-36 minggu..krn kalo sebelum itu air ketuban masih banyak2nya..berisiko bayi akan mutar2...pemeriksaan posisi bayi yg paling akurat adalah dgn USG bu...saran saya, ibu belum perlu melakukan posisi sujud..1 bulan lagi saat umur kehamilan 32 minggu coba di usg ulang untuk memastikan kembali..jika masih sungsang, dipertimbangkan untuk melakukan posisi sujud..tapi silahkan diskusi dulu dgn dokter kandungannya ya bu...krn tidak semua kasus dpt melakukan hal ini...untuk lebih jelasnya bisa nonton video saya..makasi ya bu
Rico Hermawan (2 months ago)
Terimakasih dokter🙏 siang saya ke dokter USG ktnx sungsang, lilitan tali pusat dileher 1 , tali pusat pnjg, BB bayi msh kecil, Trus mlmnx saya ke bidan untuk memberitahu hasil Dr dokter,, trnyta ktnx bidan, letak bayi normal ini? Kepala dibawah, normal ktnx?? Dan sy tdk boleh sujud lgi Krn letak SDH normal, ( sy jdi Bingung dok?) Sy hrs gmna..Mohon solusinya🙏
dot Pande (2 months ago)
Jangan kawatir bu..bisa berputar atau gak, banyak faktor yg mempengaruhi..dlm kasus ibu tergantung berapa kali lilitan, panjang tali pusat, besar bayi, jumlah air ketuban, dan aktifitas gerak bayi...silahkan dicoba melakukan tips di video saya yg berjudul cara mengubah posisi bayi sungsang jd kepala..jika tidak berhasil jgn dipaksakan..krn pada beberapa kasus memang bayi tidak bisa berubah posisi kembali...😊 smg bisa berhasil ya bu..satu pesan saya..jgn dibawa ke dukun untuk diurut..krn berisiko tinggi..
Hetty Warsiani (2 months ago)
Dok sya mau konsul tasi sya inggi hamil tpi sayaoprasi bgi mna cara nya supaya saya gak oprasi cra bya gimana ya.
dot Pande (2 months ago)
Gini bu..kalo indikasi operasi sebelumnya adalah panggul sempit..artinya seterusnya persalinan ibu adalah sama seperti kehamilan sebelumnya..yaitu operasi...karena ukuran tulang panggul tidak akan berubah..jadi tidak ada cara atau tips yg bisa saya berikan..😊
Hetty Warsiani (2 months ago)
dot Pande maksut ya gmn ya dok saya kurang paham.
dot Pande (2 months ago)
Baik..begini bu..melahirkan normal pasca seksio sesarea bisa dilakukan dengan syarat : - indikasi operasi kehamilan terdahulu tidak berulang - riwayat SC insisi melintang pd rahim sebanyak 1x - tidak ada riwayat robekan rahim atau operasi pengangkatan tumor rahim atau SC insisi tegak pd rahim atau SC lebih dr 1x - dilakukan di RS dgn fasilitas SC - kehamilan saat ini tanpa komplikasi, komplikasi ini banyak ya..dikaji dari sisi janin dan ibu Jadi pada kehamilan saat ini..ibu mesti dikaji lagi syarat2 diatas...jika syarat diatas tidak terpenuhi, maka ibu tidak disarankan untuk melahirkan normal.. Smg jawabannya menjawab pertanyaan ibu..terima kasih 😊
Hetty Warsiani (2 months ago)
dot Pande maksut ya anak saya yg pertama saya operasi .gejala pingul saya sempit tpi saya penggen puyak ank lgi inggin ya sya lahiran ya pinggin normal cara ya gmana
dot Pande (2 months ago)
Pagi..maaf bu sy kurang jelas dgn pertanyaannya...ibu pernah operasi apa..dan mau supaya gak operasi apa..dan apakah ibu sedang hamil atau tidak..terima kasih..
Dewi Nurinda (2 months ago)
Halo dok, tdi saya USG katanya bayinya sungsang😢 usia kehamilan jalan 7 bulan. Mnta tipsnya
dot Pande (2 months ago)
Halo..jangan kawatir dulu ya bu..silahkan nonton video lanjutannya bu..link ada di deskripsi video..atau klik link di akhir video ini..atau buka channel saya "dotpande" cari video cara mengubah posisi bayi sungsang jadi kepala...semoga bermanfaat..terima kasih 😊
Daus Saputra (2 months ago)
suka sama penjelasan nya ga nakut nakut tin😘
dot Pande (2 months ago)
Terima kasih 😊
Adtya Ndud Ndun (2 months ago)
Dok,klau posisi 'y melintang bagaimana dok,,kira"masih bisa muter gk..
dot Pande (2 months ago)
Letak lintang sama prinsipnya dgn sungsang..tips yg dilakukan pun sama..bisa di tonton video lanjutannya..ada tips yg sudah sy bagikan..terima kasih 😊
shelly gazela (2 months ago)
Mau tanya dok, usia khamilan saya skarang 30 W. Sy kmaren usg di usia 27 W. Pada saat itu posisi bayinya sungsang. Lalu bagaimana cara mengenali bayi sudah berputar ya dok? Sebelum nanti cek usg kembali. Trimakasih...
shelly gazela (2 months ago)
dot Pande iyaa... trimakasih atas penjelasannya dok.. sangat bermanfaat
dot Pande (2 months ago)
Halo bu..bisa jadi gerakan yg keras itu pas kaki atau lututnya nendang bu..dan bisa aja kemungkinan ada yg masuk dibawah itu adalah bagian kepala..namun tetap untuk kepastiannya ibu harus melakukan pemeriksaan USG agar tidak salah 😊..smg bayinya sudah berputar ya bu..😊
shelly gazela (2 months ago)
dot Pande trimakasih dok atas infonya.. sangat membantu sekali... Alhamdulillah selama ini sy merasakan gerakan janin sudah di atas dan sering, tp ketika ada gerakan itu rasanya keras, apakah seperti itu? Dan saya jg bberapa kali merasakan ada gerakan yg mndorong (maaf) di bagian miss V nya. Itu kira2 tandanya apa ya dok? Trimakasih
dot Pande (2 months ago)
Halo...cara mengetahui bayi sudah berubah posisi : 1. Secara klinis ibu merasakan gerakan anak lebih banyak atau lebih terasa pd bagian atas rahim. Hal ini disebabkan krn posisi kaki sudah diatas.. 2. Dengan pemeriksaan fisik oleh tenaga medis..bisa diperiksa saat ibu ikut posyandu..bisa diketahui dr pemeriksaan pd perut..jika kepala sudah dibawah akan teraba bagian bulat, keras, melenting pada bagian bawah rahim.. 3. Dengan pemeriksaan penunjang, seperti usg.. Smg infonya bermanfaat..terima kasih 😊
Bunda Alika Rafa (2 months ago)
sangat bermanfaat sxli dk trimksh
dot Pande (2 months ago)
Terima kasih bunda 😊
Malla Mao (2 months ago)
Q skrg 31minggu jg sungsang dok,
dot Pande (2 months ago)
Silahkan di tonton video lanjutannya bu..semoga bermanfaat..
risah rianingsih (2 months ago)
Kok udahan tips nya blom
dot Pande (2 months ago)
Malam..video tips nya sudah di upload bu..maaf krn panjang jadi video dibagi 2..terima kasih sudah menonton..semoga berguna
Desni Prayogo (2 months ago)
Dok usia kehamilan 37weeks. Nyeri dibagian selangkangan miss V udh dirasakan mulai 2minggu yg lalu . Wajar ya dok ? Buat jalan nyeri hrs pelan2 ap lagi klo habis dr duduk
Next Vie (1 month ago)
dot Pande mau tanya nich dok , perkiraan bayi sudah mulai berputar sekitar umur berapa __ weeks ???
Rini Andiani (1 month ago)
Udh lahir ya bun sekarang
Jainul Pratama (1 month ago)
Aku jga ngrasain hal yg sama
Fertiko Yoga (1 month ago)
Desni Prayogo
Cinta Abadi (1 month ago)
Desni Prayogo
SenjaBiruJingga (2 months ago)
Dok bisa nggak program hamil anak kembar itu di atur gitu? Coba kalau bisa kasih tips dok, gimana caranya punya anak kembar. Makasi dok 😍
dot Pande (2 months ago)
aprilla purwantara wait eaaaa....🤣
Pande Dharmawan (2 months ago)
Mantapp.. informatif
Abdul Bahar (1 day ago)
ok

Would you like to comment?

Join YouTube for a free account, or sign in if you are already a member.