HomeОбразованиеRelated VideosMore From: SB30 Health

Apakah Makan Micin Bikin Bodoh ?

2737 ratings | 86808 views
Sobat sehat, banyak yang membahas bahwa micin/MSG tidak baik untuk kesehatan, tidak baik untuk otak, dan dapat membuat anak-anak menjadi bodoh. Di Amerika, hal ini sangat populer dan menjadi “kontroversi”. Bahkan di Indonesia pun ada yang disebut “Generasi Micin”. Tetapi, disini saya akan membahas apakah itu fakta atau mitos? Temukan jawabannya di video ini! Semoga Bermanfaat & Sehat Selalu ya Sobat Sehat ------------------------------------------------------ Instagram http://instagram.com/tanyadrsung Dapatkan Tips Lainnya di Website : http://www.sb30.tv ---------------------------------------------------- For Business Inquiries : [email protected]
Html code for embedding videos on your blog
Text Comments (500)
felixs Te Klein (2 days ago)
kalau dasar bodoh nggak makan micin juga tetap bodoh
Danny Bagus (2 days ago)
tanpa micin makanan gak enak,😂😂😂😂
Riyu Cucmey (4 days ago)
klo emg membodohkan knapa djual? yg bkin bdoh itu narkoba dan maen game.
Aduh bang saya subscribe dari channel Abang masih 50.000 subscribe bang
Nanda Rianda (11 days ago)
Ajinomoto Itu micin juga ya ?
Theresia Ana (13 days ago)
Puji tuhan ada dr yg baik dr sung yg mau berbagi ilmunya tq dr sung krn suami saya jagonya ajinomoto masakan dia yg tahu tdk pakai micin skrg lega masalah micin ini gbu dr sung
anya fernanda (13 days ago)
Saya suka dari kecil Menurut saya biasa biasa saja
Areef Hartan (13 days ago)
kenapa org berfikir gula dan garam it lebih aman .. ketimbang msg, padahal sm sm menimbulkan resiko penyakit .. gula diabet, garem hipertensi .... tp micin yg di salahin ...,
Dzaky oktaryan (14 days ago)
Dok,Ada YouTuber yang makan micin satu bungkus
Wi Marry ya (11 days ago)
siapa ?
Kim Mi Lo (17 days ago)
Orang Jepang pun tak Sudi lagi makan micin
dylan karua (18 days ago)
Thanks sharing nya doc...oya doc apa benar klau makan 2 biji telur ayam stiap hari baik buat tubuh badan
Arumi Arumi (21 days ago)
Sudah dibilang micin aman masih ngeyel..tu dengerin pakek telinga..yng bilang generasi micin tu yang bodoh..
Nur Laila (22 days ago)
Kalau bodoh ya bodoh aja jangan salahin micin, lu bodoh karna males belajar kok 😂😂
Edhy Cahyo (24 days ago)
Kakean micin umor
Velin Angraini (25 days ago)
Jadi kalo ada orang2 yg bully Kamu teriakin generasi micin.. mestinya bangga dan senang..😂
hasan taufiki (25 days ago)
Yg bikin bodoh bkn micinnya,tpi orangnya😂
Jauhar Alaudinsyah (25 days ago)
Tidak sepatutnya kita selalu menyalahkan "benda mati"
Elfvereins Sylf (26 days ago)
Terima kasih dok.. akhirnya gua bisa tidur nyenyak setelah sekian lama mencari jawaban..
AbI GAiL Sh (26 days ago)
Thanks doctor, ,,.
Indah novantiyy (27 days ago)
Veryy good informationnn
Schwy (27 days ago)
Tergantung dari bahan makanan yg dicampur dengan MSG dok, MSG punya manfaat lain yaitu merangsang tubuh untuk mempercepat proses penyerapan nutrisi dalam makanan, ini bisa menjadi pisau bermata dua, karna kalau bahan makanan yg dicampur MSG tidak baik maka tubuh juga akan mengalami efek sperti mual dan pusing2, tapi kalau bahan makanan berkualitas baik maka akan baik juga untuk tubuh. Nah di indonesia seperti yg kita tahu bahan makananya tidak begitu baik terutama makanan kaki lima atau yg pinggir jalan. Jadi ya wajar saja yg habis makan bakso, mi ayam, atau gorengan kadang mengeluh pusing dan menyalahkan MSG, padahal yg salah sebenarnya bahan makanan dan proses pembuatanya, contoh saja minyak goreng yg digunakan sudah mengandung banyak racun sampai berwarna coklat/hitam.
Ahmad Pono (27 days ago)
Hemmm....
Ken Kanetod (28 days ago)
Kalau gak mau punya resiko, gak usah hidup. 😅👌
Akasa Sayidina (29 days ago)
Mksh dok
miron kmui (30 days ago)
Thx pal dokter Tuhan berkati maju terus
Eroy Saputra (1 month ago)
Temn gw dikampung ngemil micin dan royco setiap hari tp koq dia malah rengking disekolah bukannya bodoh malahan itu bocah pintar konsumsi begituan dan sekarang tu bocah kuliah dan mendptkn beasiswa sekarang ini
Anak Rantauprapat (1 month ago)
Bahaya penyedap rasa bagi ibu hamil https://m.youtube.com/watch?v=SJImFMY1TGw
kulkata nasaki (1 month ago)
Bukan micin msg dok.. micin sabu" yang bikin bodoh
Anita Sukaesih (1 month ago)
Makasih ya dok saya tau mana sehat dan mna yng engga buat anak
Anita Sukaesih (1 month ago)
Jadi tau
Dony Sugianto (1 month ago)
Terima kasih micin
Ayu Manis (1 month ago)
TERIMKASIH BNYAK DOKTER SUNG..SMOGA SELALU SEHAT DAN SELALU DALAM LINDUNGAN ALLAH SWT..AMIIN ALLAH HUMA AMIIN👍👍👍👍😘😘😘😘😍😍😍
andri jaya (1 month ago)
terimakasih atas infonya, oia saya mau nanya katanya kandungan garam di micin lebih rendah dari garam biasa dan bagi penderita darah tinggi (katanya) lebihh direkomendasikan menggunakan micin yang lebih banyak buat meminimalisir penggunaan garam biasa. terimakasih
Lukas Walmas (1 month ago)
Selamat siang Dok.saya sering juga masak menggunakan micin tapi ketika saya makan sayur yang ada micinnya kok daya berpikir saya jadi menurun. Itu apa penyebabnya Dok
Azwar Muharram (24 days ago)
wkwkwwk gimana cara ngukurnya?
arima Kousei (1 month ago)
Pak kukinai tgl lahirnya sama ama gua... tapi gak ada hubnya juga sih 😂😂😂
Anisa NISCAYA (1 month ago)
makasih dok .Ada yg ngomong klo mkn micin katanya gk baik .skrg aq dh gk tkut lgi klo msak di kasih micin .
Rismalia Putry23 (1 month ago)
Mkasih dokterku smga tuhan sllu.memberkatimu.amiiinx3yarobb
racha cha (1 month ago)
Menurut saya salah satu alasan kenapa muncul anggapan micin menyebabkan kebodohan adalah karena rasa enak yg di timbulkan micin menyebabkan orang lebih mengutamakan makanan yg enak di bandingkan makanan yg sehat. Sampai sampai muncul budaya kulineran, seakan akan kita hidup untuk makan bukan makan untuk hidup, benar kan?
Ginanjar Utomo (1 month ago)
FINALLY SOMEONE EXPLAINING THIS IN BAHASA INDONESIA
dimas faturrahman (1 month ago)
Bedanya sama kaldu bubuk (masako, royco) apa ya?,, Lebih baik MSG atau kaldu bubuk? Karna ada yg bilang mending pakai kaldu bubuk dr pda micin
Reza Januar (1 month ago)
dok kalo makan msg jadi suka radang tenggorokan?
Es Doger (1 month ago)
Bodoh faktor x
sutini sutini (1 month ago)
Trimakasih dokter Sung
Santai Aja (1 month ago)
tu dngr. mkn micin mlh mkin pintar janji rjin bljr
Lefina Sugiarto (1 month ago)
Bodoh si eggak dok,tp ktnya buat kanker ,sumber penyakit ktnya,bener gak si?next jelasin lg ya dok ttg hub kanker dan micin,krn sy sdh lama ganti Kaldu jamur alias TOTOLE yg lbh sehat 😄😄😄
hmm pantes dulu pernah makan micin satu sendok muntah (micin doang)
Rendyova Ova (1 month ago)
Otak nya emg uda bodoh dari sononya. Jangan nyalahin micin
santi santiarema (1 month ago)
dokter makasih infonya
Jia Nian Sun (1 month ago)
Tanya donk...kulit saya belakangan ini kalau di gigit nyamuk sembuhnya lama sekali....padahal dulu jarang di gigit nyamuk
fuad maulidi (1 month ago)
Mantap dok , saya bisa belajar kesehatan diyoutube
Silvestrey RaW (1 month ago)
Generasi micin yg suka gado micin wkwkwkkw
riris alisk (1 month ago)
Alhamdulillah😊🙏🙏🙏mksih informasinya
Gillbert Nightray (1 month ago)
Dari video ini kita bisa tau bahwa micin berasal dari mobile legend
pitandgo 52 (1 month ago)
Ya udah nnti masak pake ingus atau upil aja,gratis lg
Vian Wh (1 month ago)
Hanya Orang bodoh yang bilang "Micin bikin bodoh" Micin itu bumbu masak
Guritno (1 month ago)
Ironisnya mereka yg menganggap micin/vetsin sebagai penyebab kebodohan justru sebenarnya mereka itulah yg bodoh.. Hahaha..
Kusunoky (1 month ago)
Yes bedtul tapi Ada Gr maksimal. Saya ketemu juga pasien datan sakit kepala karna abis Makan msg. Kalau Saya tidak Ada masalah Makan itu tetapi harus control karna makan chips, jajan dll Dan Makan lagi msg di rumah gr bisa tambah. Saya tidak pake karna garam Himalayan, garam iodized lebih baik Dari msg. Labih Ada banayak nutrition
yud satriani (1 month ago)
Dari awal saya jg gk percaya kl MSG bikin bodoh,
Big boss (1 month ago)
orang malas belajar. yang disalahin micin hahaha dasar generasi micin
Zie Winston (1 month ago)
Sukses terus Dr.Sung....
Nia Nailla (1 month ago)
Sependapat dengan saya.setuju banget
Oris Khan (1 month ago)
kalo saya makan miayam ato bakso yang pake micin yg dituang dimangkok tanpa dimasak dalam jumlah banyak respon perut sy jd begah&mual tapi kalo masih dalam takaran wajar gak kenapa2 perutnya.
Jefry Sutedjo (1 month ago)
Gw suka ama penjelasan nya dok, sangat detail mulai dr sebab n akibat. Gw suka nih chanel karna penjelasan nya yg sangat detail merubah org yg td nya sll berpikiran negatif menjadi positif, meskipun terkadang di blg banyak bacod bikin boring. Tp nyata nya banyak bacod bs membuka pikiran kita sehingga tdk sll berpikir negatif. Good job dok :)
Suweni Weni (1 month ago)
Sangat bermanfaat informasinya Dr Sung...trims🙏🙏🙏👍👍👍
vawa-ID (1 month ago)
saya biasa pake Sasa, alhamdulillah tanaman saya subur dan cepat berbuah.
Future Admen (1 month ago)
DR. Shung pembela Micin Malu2in Dunia Kedokteran. Sok Bijaksana tapi ngaco berat. Segala sesuatu yang ikatan senyawa "Tunggal" itu menyebabkan Kematian & Masalah2 lain buat manusia. Contoh Carbon Mono Oksida, Mono Sodium Glutamate dll
May Poolqueen (1 month ago)
Dokter sekedar Saran, patokan sehat jangan ke USA, itu kan *negara Obesitas pencetus Junk food* Batasan 3 Gram / Hari busyet banyak banget, itu fakta yg jelas SALAH. Lebih baik berpatokan ke Negara2 Eropa, standarnya lebih tinggi drpd USA.
Kosyong 23 (1 month ago)
Kita kasih Julukan aja Dr. Micin
Achmad Nabil (1 month ago)
dok, tolong bahas dimenthicone, paraben, di produk kecantikan dong katanya kl paraben terkena sinar matahari bikin kulit iritasi?
Fa Ta (1 month ago)
Sudah, Ganteng, muda pinter,, Bahagia yg jd ISTRI KELAK
Fa Ta (1 month ago)
Terima kasih Dokter Sung,,,, sungguh sangat gamblang info nya,, smg Dokter Sung sehat sll aamiin
NawaSyarif 1920 (1 month ago)
Ada kok dok yang melakukan itu, makan micin digado. Buat video challenge youtube.
Siti Atifah (1 month ago)
Mksh dokter informasinya 😊
Tech 101 (1 month ago)
Dokter Edan, Micin kok dibelain
Romi Novaldi (1 month ago)
maff ya, org idiot aja kalau dia belajar pasti pintar, intinya
Photo Deva (1 month ago)
Ya elah, *Sbg orang Indo tuh sebenernya Kita OVERDOSIS MSG setiap Hari* *Dokter kok dukung Micin....* Jadi Ilfil gw Udah Tau orang Indonesia kalau pake Micin ga kira2. Beda sama orang Jepang pakenya cuma seujung sendok kecil. Jauh lebih dikit takarannya dengan Indo.
Widyas Tri (5 days ago)
+Romi Novaldi betul yg anda bilang 👍
Azwar Muharram (24 days ago)
Gini loh msg itu tidak berbahaya dia itu ga beda jauh sama bumbu masakan yang lainnya. Banyak sudah diuji dari berbagai penelitian dari pakar makanan membuktikan kalau MSG itu aman. Sejarahnya itu kenapa ada phobia msg karena dulu di USA ada orang sakit kepala setelah makan di restoran Cina, dan di restoran Cina itu makanannya rata2 menggunakan msg, jd disalahkanlah msg sebagai penyebab penyakit. Padahal itu cuma asumsi. Kandungan msg itu sebenarnya asam amino dan natrium. Asam amino itu ditubuh kita juga ada dan natrium itu bahan dari garam. Jd bahayanya yg mana? Asam amino atau natrium? toh2 2 nya bisa dikonsumsi tubuh. Skrg sudah berapa puluh bahkan ratusan tahun orang sudah memakai msg tapi mana bukti valid orang kena penyakit karena makan msg? ga ada kan? Tentu saja kelebihan msg juga buruk bagi kesehatan sama seperti kelebihan makan cabe atau kelebihan mengkonsumsi garam.
Ken Kanetod (28 days ago)
Photo Deva kalo ngomong jangan pakai Birahi woy 😂
Sir Ivans (30 days ago)
Benerr
Amoy Nesia (1 month ago)
mkch dr sung..
Hana Banani (1 month ago)
Bodoh? Ya belajar, dong.
Rizal Mio (1 month ago)
Yg anti micin umumnya munafik.. Kalo beli makanan di luar itu sangat pasti sekali menggunakan micin.. Itu tidak bisa dipungkiri... Contohnya kaya bakso,,bakso mustahil enak kalo hanya mengandalkan garam.. Gw sendiri penjual makanan jepang,,gw pernah nyoba adonan tepung hanya menggunakan garam dan rasanya itu aneh.. Cenderung gaenak.. Jadi supaya adonan tepung rasa lebih stabil gw menggunakan roy*o dan rasanya lebih nikmat.. Dan roy*o juga termasuk bagian dari micin atau MSG
Purwati Purwati (1 month ago)
Terimakasih dokter infonya..saya suka pake micin kalau mask..
Bramantyo Adi (1 month ago)
Hidup mecin lululululululu
Miliarto Lie (1 month ago)
Yg bego yg suka salahin micin. Otak dangkal salahin micin
Hajjah Wari (1 month ago)
hahahaha..... ,..
3rdProStars l (1 month ago)
Apalah saya ngemil kentang goreng pake bumbu masako
hamba alloh (1 month ago)
Ya allah kasian bgtt loe cin micin slu saja di salahin....padahal kan bkn salah loe...😁😁
Fathir Al-Ghuroba (1 month ago)
Suara pak dokter koq kecil bgt, padahal volume udah di tingkat maksimal
Litio wan (1 month ago)
Kalau kebanyakan micin katanya bisa mengalami masalah saraf. Otakkan pusat sistem saraf😅. Bagaimana jadinya dong...
Ipul Saifullah (1 month ago)
Bodoh bukan karna micin tapi ga pernah belajar makanya jadi bodoh😀😀
Ageng Satya (1 month ago)
asyik, saya suka micin.
PandujuN (1 month ago)
Sya udah kena aslam lambung gerd trus udah kena ke pikiran jg, kalau makan yang mecin2 kyk ciki lsg terasa lelah alhasil susah mikir dan konsenstrasi, aman sih bagi yang sehat, tapi buat jaga2 mending jangan terlalu sering jajan, sekali2 makan makanan rumah
Lumrah Wong (1 month ago)
Good video Dr Sung. Luar biasa
aang dede (1 month ago)
padahal klo masak gak ada Micin dan garam, masakan apapun akan hambar rasanya.
Sir Jaysean (1 month ago)
Auto subscribe! Keren dok. Caricari ktmu ini lsg subs.
hoo perr (1 month ago)
Saya sring baca artikel katanya klo sring makan yg gurih2 (pke micin) itu bisa memicu kanker, tumor? Apa itu benar?
kadek dwi (1 month ago)
Dokter knapa ganteng sekali😍
bagas fahrizal (1 month ago)
Setuju
Badass13 joe (1 month ago)
Aman kata amerika. Hmmm anda lupa amerika selalu sewot dengan kemajuan negara-negara yg akan berkembang ? Hadehh
Bahar Ganteng (1 month ago)
Saya meluruskan saja. Yg di maksud generasi micin itu bukan karena penggunaan micin bumbu rempahm tapi narkotika/sabu* itu cuman istilah para pemakai. Jadi jika kita menemui generasi yg menggunakan istilah micin, membawa barang tersebut. Patut di curigai.di pantau, apa lagi org* yg kita sayangi mengkonsumsi istilah micin tersebut pasti kita kecewa dan cemas. Jadi istilah* generasi sekarang perlu di curigai maknanya.kita perlu menambah pengetahuan setiap pembaruan bahasa yg di pakai setiap generasi sekarang.
lydie Jogir (1 month ago)
Ia emang menurut saya micin itu gk ngaruh di IQ manusia. Istri saya masak pasti ada micinnya. Toh juga anak saya ttp juara 1 di sekolahnya. Alhamdulillah
Alga6136 Revalga (1 month ago)
Yang bodoh itu orang yang pemalas mereka males belajar tapi kalo nilai jelek yang disalahin hp kalo nggak micin. Padahal enggak semua itu tergantung pada kita sendiri
Pouty Pouty (1 month ago)
apa bener micin bisa bikin kista?
siti rubaeah123 (1 month ago)
terima kasih banyak dok atas impormasinya sangat berguna bngt

Would you like to comment?

Join YouTube for a free account, or sign in if you are already a member.